Selasa, 22 April 2014

Manfaat Buah Maja

     Bagi sebagian dari anda mungkin baru mendengar tentang buah maja, atau bahkan sudah mengenal buah msja ini. Bagi yang sudah tahu, apakan anda tahu apa manfaat buh maja?? Jika tidak maka simak artikel kali ini, karena saya akan mengulas sedikit tentang manfaat buah maja.

Manfaat Buah Maja      Buah maja adalah buah tradisional yang memiliki nama latin aegle marmelos, sekilas bentuk buah maja ini mirip dengan buah bali karena memang masih satu keluarga. Pada sebagian petani buah maja, tanaman ini digunakan pestisida alami untuk membasmi hama. Buah maja yang masih muda jika dimakan akan terasa pahit tetapi jika sudah matang akan terasa manis. Buah maja menjadi lambang MAJAPAHIT, karena pada zaman dahulu pasukan sriwijaya pernah memakan buah maja muda yang pahit maka terbentuklah kata MAJAPAHIT.

      Sejak zaman dahulu, daging buah maja dan akarnya telah dimanfaatkan sebagai obat tradisional karena mengandung antibiotik. Dibeberapa negara,buah maja dikonsumsi dengan cara diserbat sebagai minuman herbal. Caranya yakni dengan mencampur daging buah maja dengan air, gula dan es batu.

Manfaat buah maja antara lain :

1. Buah dan akar serta daun buah maja bersifat antibiotik.
2. Daun maja dipercaya dapat menggugurkan kandungan.
3. Ranting buah maja dapat digunakan sebagai racun ikan
4. Buah maja dapat digunakan untuk mengobati disentri dan diare
5. Buah kulitnya bisa dijadikan pewangi
6. Kulit batang buah maja dapat digunakan untuk mengobati penyakit jantung.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar